Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘tips & tricks’


Ketika membuat surat lamaran pekerjaan kadangkala kita melakukan berbagai macam kesalahan dan kekeliruan yang dapat berakibat fatal, sehingga dapat mengakibatkan ditolaknya surat lamaran pekerjaan kita. Tergerak dengan hal itu maka saya memberanikan diri memberikan beberapa tips membuat surat lamaran pekerjaan yang harus dihindari, yang saya ambil dari survey dan riset saya melamar pekerjaan selama ini

1. Bahasanya jangan terlalu akrab

Jika anda masih punya hubungan saudara dengan kepala HRD atau personalianya boleh saja, jika tidak, surat lamaran anda akan memenuhi tempat sampah, contoh yang harus dihindari :

Dengan hormat

Hai pak/bu apa kabar nih…? baik-baik aja kan…? saya juga dalam keadaan sehat walafiat, semoga bapak/ibu juga baik baik aja seperti saya di sini. ngomong – ngomong gimana kabarnya anak-anak, sehat juga kan..? suami/istri pasti makin cakep/cantik aja…..salam aja ya buat mereka. oya ..hampir lupa, saya tuh bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan bapak/ibu bisa kan, oya ada salam dari eyang kakung ama eyang putri di kampung

2. Bahasanya Jangan terlalu anak gaul

Jika anda memang anak gaul, sah – sah saja dipergunakan dalam pergaulan sehari – hari anda, tapi untuk urusan surat lamaran pekerjaan anda harus berpikir dua kali, contoh yang harus dihindari :

Dengan hormat banget, sob !!!

Halo boss? !!! apa kabar nich…..? baik baik aja dong, iya kan iya dong, bener kan bener dong….? capee dyeeh, gue mo ngelamar kerja nich..boleh dong…please…boleh ya…? secara yah kita kan satu tongkrongan getoh, masa sih elo gak mau ngasih gue kerjaan choy, yang bener ajah sob ! kalo lo gak mau ngasih kerjaan buat gue, jadi salah siapa? salah gue? salah temen – temen gue? enggak prinsipil banget tau gak sih lo !! bete ah gue, ABCDEFG..!! …. Aduh Bo’ Cape Deh Eike Fusing… Gila!!!

3. Bahasanya bersifat mengancam ala preman

Sebaiknya anda benar – benar menghindari bahasa seperti ini, dikarenakan kalo sudah begini urusannya pun bisa dengan yang berwajib, contoh yang harus dihindari :

Dengan Segala hormat !!!!!

Begini gue pernah kerja di kantor bokap gue, tapi lantaran gue sering bolos sama sering ngegodain sekertaris kantor, gue dikeluarin, padahal gak gue apa – apain tuh sekertaris, paling cuma pernah gue pegang ajah tangannya, makanya sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo, gak usah khawatir kalo elo emang mau bekerja sama ama gue… gue sih yg penting dibayar gede sama elo. Gue tunggu panggilan kerja dari elo di rumah gue, kalo sampe tiga hari belom juga ada panggilan, elo bakal tau sendiri akibatnya….!!!!!!! keselamatan elo ada di tangan gue, jadi lo pilih terima gue, ato lo mau coba maen – maen ama gue???

4. Jangan terlalu banyak menggunakan singkatan dan simbol emoticon

ini sangat not recomended, meskipun anda sudah terbiasa menggunakan bahasa singkatan dan emoticon ketika anda ber SMS ria, tapi untuk surat lamaran pekerjaan sebaiknya jangan, karena bisa mengakibatkan bagian personalia harus membuka kamus gaul SMS. contoh yang harus dihindari :

Dgn Hrmt @_@

Stlh sy mbca ikl lwg pkrjn yg dmt pd srt kbr edisi sbtu, sy brmskd mengisi lwg yg bpk bthkn, sy pny pnglmn bkrj dri thn 1997 – 2002 :))) sy tlh bkj di PT Msk Angin, di bag cln srv. dri thn 1997-1999, sy jg prnh bkj d LC bank sbg kabag keu. dri thn 1998 – 2002 & skr sy sdh lm mngnggur :(( sy brhrp bpk mw mnrm sy sbg krywn di perush bpk =P

mhn bls scptnya, slm sy, tks
^_^’

5. Jangan terlalu banyak melampirkan surat – surat yang tidak penting

Terkadang ketika melamar suatu pekerjaan diperlukan surat – surat pendukung, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat training dll, tapi sertakan hanya surat – surat yang diminta saja. contoh yang harus dihindari :

sebagai bahan pertimbangan bapak, bersama ini saya sertakan :

a. Foto copy KTP bapak saya
b. Pas foto saya waktu disunat
c. Surat kelakuan baik seluruh keluarga saya
d. Fotocopy rekening listrik dan telepon selama 3 tahun
e. Proposal permintaan sumbangan pembangunan mesjid di RT saya
f. Fotocopy Sertipikat tanah milik tetangga
g. Buku Raport ketika masih SD

6. Bahasanya jangan terlalu resmi dan bertele – tele

Bahasa surat lamaran pekerjaan memang harus resmi dan baku, tapi jika sudah sangat resmi dan seperti surat keputusan TAP MPR maka sebaiknya dihindari. contoh yang harus dihindari :

Dengan hormat,

Pembukaan :

Setelah saya membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ternama di ibukota Negara Republik Indonesia,

Menimbang :

Adanya pengangguran yang merajalela setelah saya lulus

Mengigat :

Adanya tuntutan ekonomi dan desakan dari calon mertua yang sudah menyuruh saya mengawini anaknya

Memutuskan :

Untuk melamar pekerjaan pada perusahaan bapak/ibu,

Juga sekalian harapan saya, dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua, bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi…

Bandung, Tanggal 08 Bulan 08 Tahun 08
Atas nama keluarga, kerabat, handai taulan dan calon mertua saya

7. Jangan menggunakan bahasa selebritis yang sedang tren

Anda penggemar infotainment dan acara gosip dan sering meniru gaya bahasa para selebritis, sebaiknya jangan anda ikuti. Contoh yang harus dihindari

Salam hromat

Akika baru ngeliat lowongan di surat kabar, ternyata akika tertarik ama perusahaan yey, tapi kantor yey jauh dari rumah akika, nanti kalo ujan, gak ada ojyek, trus becyek, kata personal trainer akika gak boleh jalan kaki, akika juga seneng ama yang berbau tengkorak gothick gitu, aduh jangan gila dooong, kita kan bisa negosiasi gaji, kita???? elo aja kali gue enggaaak… awas yah terima lamaran akika..

Read Full Post »